6 Pilar Pembelajaran |
CP / LO |
Teaching Methods/ Metode Pembelajaran
C = Class Lecturing F = Field Lecturing P = Practizing S = Seminar G = Guest Lecturing |
Assessment Methods / Metode Penilaian
T = Mid/Final Test H = Homework P = Pre/Post Test G = Group Test |
Sikap | K1 | F, P | G |
K2 | P, S, G | G | |
Pengetahuan |
K3 | C, P, F | T, H, P, G |
K4 | C, P, F, S | T, H, P | |
K5 | All / Semua | All / Semua | |
K6 | All / Semua | T, H, P | |
K7 | All / Semua | T, H, P | |
K8 | All / Semua | All / Semua | |
Keterampilan Umum | K9 | F, P | H, P |
K10 | F, P | H, P | |
K11 | F, P, S, G | H, P | |
K12 | All / Semua | H, P | |
K13 | All / Semua | T, H, P | |
K14 | C, F, P | T, H, P | |
K15 | F, S, G | P | |
Keterampilan Khusus | K16 | All / Semua | H, P |
K17 | F, S | P, G | |
K18 | C, P | T, H | |
K19 | C, P | T, H | |
K20 | C, P | T, H | |
Pengembangan Diri/ Pengalaman Kerja | K21 | S, G | P |
K22 | S, G | G |
Nilai akhir dalam setiap matakuliah dinyatakan dengan nilai huruf A, A/B, B, B/C, C, C/D, D, dan E, yang bersesuaian dengan nilai angka 4,0; 3,5; 3,0; 2,5; 2,0; 1,5; 1,0 dan 0,0. Tabel kesesuaian nilai dengan sub bagian penilaian matakuliah secara umum adalah;
No |
Nilai Huruf |
Jangkau Nilai |
Nilai Tengah |
Kemampuan Mahasiswa Terhadap Sub Bagian Matakuliah yang Diambil | |||
Teori /
Konsep |
Soal Umum | Soal Aplikatif | Pengembangan konsep | ||||
1 | A | 3.76 – 4.00 | 4.00 | Ya | Ya | Ya | Ya |
2 | A/B | 3.26 – 3.75 | 3.50 | Ya | Ya | Ya | Kurang |
3 | B | 2.76 – 3.25 | 3.00 | Ya | Ya | Ya | Tidak |
4 | B/C | 2.26 – 2.75 | 2.50 | Ya | Ya | Kurang | Tidak |
5 | C | 1.76 – 2.25 | 2.00 | Ya | Ya | Tidak | Tidak |
6 | C/D | 1.26 – 1.75 | 1.50 | Ya | Kurang | Tidak | Tidak |
7 | D | 0.76 – 1.25 | 1.00 | Ya | Tidak | Tidak | Tidak |
8 | E | 0.00 – 0.75 | 0.00 | Kurang | Tidak | Tidak | Tidak |