Capaian Pembelajaran (Expected Learning Outcome)

Kompetensi Lulusan (Capaian Pembelajaran/ELO – Expected Learning Outcome) Kompetensi lulusan program studi geofisika disusun dengan mengacu pada Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 yang meliputi: (1) Sikap, (2) Pengetahuan, (3) Ketrampilan (Umum dan Khusus), dan (4) Pengembangan Diri / Pengalaman Kerja.

Keempat kompetensi lulusan tersebut, dijabarkan menjadi 6 pilar kompetensi lulusan program studi geofisika yang disebut sebagai pilar utama capaian pembelajaran / kompetensi umum, yaitu:

a. Sikap
Taat (menjunjung tinggi) norma, tata-nilai, moral, agama, etika umum dan etika profesi, adaptif , dapat menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya baik di kantor maupun di lapangan, beretoskerja dan melaksanakan usaha terbaiknya dalam setiap kegiatan dalam rangka gerakan global sustainable development (hamemayu hayuning bawono langgeng), serta berperilaku profesional (G1)

b. Pengetahuan
Mampu mengaplikasikan sains dasar (matematika, fisika, kimia, biologi, geologi), dan geofisika secara umum dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lainnya seperti geologi, geodesi, geokimia, geografi, komputasi serta teknologi-informasi (G2)

c. Ketrampilan Umum
Mampu mengaplikasikan semua metode geofisika (metode-metode seismik, gravitasi, magnetik, elektrik, elektromagnetik, termik, radioaktivitas) (G3)

d. Ketrampilan Khusus
Mampu melaksanakan langkah-langkah ilmiah akusisi data, pengolahan data, dan interpretasi untuk eksplorasi sumberdaya alam untuk energi (mis. minyak dan gas bumi, batubara, panas bumi) dan bahan tambang (mis, besi, tembaga, emas, perak, timah) serta air tanah dengan metode geofisika , serta mampu mengelola sebuah survei geofisika (G4) Mampu melakukan interpretasi geofisika yang merupakan penyelesaian problem balik (inverse problem) + probabilitas + terpadu yang berambiguitas, melaksanakan interpretasi dengan pembuatan model dan/atau penyelesaian problem balik sederhana serta trampil dalam pemakaian komputer baik untuk keperluan penyelesaian masalah geofisika maupun untuk komunikasi dan akses internet (G5)

e. Pengembangan Diri/Pembelajaran Sepanjang Hayat
Mampu melakukan pembaruan kompetensinya, yaitu dengan pembelajaran sepanjang hayat (life-long learning) sejalan dengan kondisi geofisika terkini untuk bersaing secara

nasional dan internasional dengan menjunjung nilai- nilai ke-UGM-an (Pancasila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, Keadilan, dan Keilmuan: universalitas, obyektivitas, kebebasan, penghargaan terhadap kenyataan dan kebenaran). (G6)

f. Penjelasan keterkaitan CP dengan Taksonomi Bloom

Bersesuaian dengan penjabaran kompetensi awal Progam Studi Geofisika, keenam kompetensi tersebut diuraikan dalam 22 kompetensi rinci (K1 – K22), yaitu:

NO. Capaian Pembelajaran / Kompetensi Lulusan Indeks
1. Sikap
Jujur, disiplin, ingin tahu, kritis, percaya diri, mandiri, beremosi matang,

kooperatif, dan dapat dipercaya

K1
Taat (menjunjung tinggi) norma, tata-nilai, moral, agama, etika umum dan

etika profesi, serta aktif berperan dalam gerakan global sustainable development (hamemayu hayuning bawono langgeng).

 

K2

2. Pengetahuan
Mampu mengungkapkan, menjelaskan, mendiskusikan dan menerapkan

sains dasar (matematika, fisika, kimia, biologi, geologi)

K3
Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan geofisika secara

umum dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmulainnya seperti geologi, geodesi, geokimia, geografi, komputasi, teknologi-informasi

 

K4

Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan konsep semua

metode geofisika (antara lain seismik, gravitasi,magnetik, elektrik, elektromagnetik, termik, radioaktivitas)

 

K5

Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan langkah-langkah

ilmiah akusisi data, pengolahan data, daninterpretasi

K6
Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan konsep eksplorasi sumberdaya alam untuk energi (mis. minyak dangas bumi,

batubara, panas bumi) dan bahan tambang (mis, besi, tembaga, emas, perak, timah)serta air tanah dengan metode geofisika

 

K7

Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusika gejala-gejala

alamiah seperti gempabumi, tsunami, letusangunungapi

K8
3a. Ketrampilan Umum
Mampu menerapkan secara operasional semua metode geofisika (antara

lainseismik,gravitasi,magnetik, elektrik,elektromagnetik, termik,radio- aktivitas)

K9
Mampumenerapkan secaraoperasionallangkah-langkahilmiahakusisi

data, pengolahan data, daninterpretasi

K10
Mampu menerapkan secara operasional eksplorasi sumber-sumber alam untuk energi (mis. minyak dangas bumi, batubara, panas bumi) dan bahan

tambang (mis, besi, tembaga, emas, perak, timah)serta air tanah dengan metode geofisika

 

K11

Mampu menerapkan secara operasional pemantauan,surveilance and early

warning system gejalagejalaalamiah seperti gempabumi, tsunami, letusan gunungapi

 

K12

 

Mampu menerapkan secara operasional pemantauan,surveilance and early warning system gejalagejalaglobal dan implikasinya,seperti rotasi dan

nutasi bumi, gerakan-gerakan kerak/lempeng benua, serta gerakan-gerakan bagian dalam bumi dan sebagainya

 

K13

Mampu menerapkan secara operasional pembuatan model interpretasi dan

salah satu penyelesaianproblem balik sederhana

K14
Mampu menerapkan metode penelitian geofisika secara operasional K15
3b. Ketrampilan Khusus:
Mampu merancang survei semua metode geofisika utama secara

komprehensif

K16
Mampu mempersiapkan dan melaksanakan akusisi data geofisika dengan cermat danakurat dengan segala macam kesukaran yang harus diatasi baik

di laboratorium maupun dilapangannya

 

K17

Mampu melaksanakan pengolahan data geofisika yang kerap tidak lengkap dan tidak terdistribusimerata K18
Mampu dan trampil dalam pemakaian komputer baik untuk keperluan

penyelesaian masalah geofisikamaupun untuk komunikasi dan akses internet

 

K19

Mampu melakukan interpretasi geofisika terpadu menggunakaan beberapa

metode pemodelan maju dan balik untuk meminimalisasi ketidakpastian.

K20
4. Pengembangan Diri / Pengalaman Kerja
Mampu mengelola sebuah survei geofisika K21
Mampu bersaing secara nasional dan internasional K22

 

Hubungan kompetensi umum G1 s.d. G6 terhadap tingkatan Bloom’s Taxonomy disajikan pada gambar di bawah ini.