Program Studi Geofisika Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima kunjungan dari siswa-siswi SMA Sumbangsih Jakarta pada Selasa, 17 Desember 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan program studi dan perguruan tinggi, khususnya Geofisika UGM, serta membuka wawasan mengenai dunia geofisika.
Kunjungan ini diawali dengan pemaparan materi tentang Program Studi Geofisika UGM di Auditorium Lantai 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sambutan hangat disampaikan oleh Ketua Program Studi Geofisika, Dr. Sudarmaji, M.Si., yang memperkenalkan program studi Geofisika secara mendalam. Beliau menjelaskan latar belakang terbentuknya program studi, visi dan misi, kurikulum, bidang minat, kegiatan akademik, fasilitas, serta beberapa riset yang dilakukan di Geofisika UGM.
Sesi berikutnya menjadi momen yang paling dinanti oleh para siswa. Mereka diajak menjelajahi berbagai laboratorium Geofisika UGM. Dalam kegiatan ini, siswa juga diperkenalkan beberapa metode geofisika, seperti Ground Penetrating Radar (GPR), Mikroseismik, Refraksi Seismik dan MASW. Para siswa tidak hanya aktif bertanya tentang metode geofisika, tetapi juga berbagai hal yang dipelajari di program studi ini, termasuk prospek karier di bidang geofisika.
Kunjungan ini diharapkan tidak hanya memberikan wawasan, tetapi juga menginspirasi siswa-siswi SMA Sumbangsih Jakarta untuk berkontribusi dalam dunia ilmu kebumian. Salah satu guru pendamping SMA Sumbangsih Jakarta, Pak Sibagus Winoro menyampaikan, “Anak-anak memperoleh wawasan tentang program studi yang ada di kampus, termasuk di Program Studi Geofisika UGM, sehingga mereka dapat mengetahui berbagai pilihan ketika hendak menentukan jurusan di UGM. Dengan demikian, mereka memiliki bahan perbandingan yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa UGM adalah kampus unggulan yang layak menjadi pilihan utama.”
Tentunya, kegiatan ini selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Kegiatan ini memberikan edukasi dan wawasan kepada siswa mengenai ilmu kebumian dan geofisika, serta mendukung akses terhadap pembelajaran berkualitas dan pengembangan keterampilan yang relevan untuk masa depan.
Foto: Septrilia Restu
Penulis: Oktavylla Nanda