Capaian Pembelajaran (PLO)

Gambar (A) CPL 2018, (B) CPL 2019, (C) CPL 2020, (D) CPL 2021, (E) CPL 2022

Berdasarkan Data jaring diatas, dapat dilihat bahwa Capaian Pembelajaran Lulusan program studi Geofisika UGM dari tahun 2018 hingga 2022 sudah mencapai, bahkan melebihi target pada keenam poin penilaian standarnya.

Kompetensi Lulusan (Capaian Pembelajaran/ELO – Expected Learning Outcome) Kompetensi lulusan program studi geofisika disusun dengan mengacu pada Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 yang meliputi: (1) Sikap, (2) Pengetahuan, (3) Ketrampilan (Umum dan Khusus), dan (4) Pengembangan Diri / Pengalaman Kerja.

Keempat kompetensi lulusan tersebut, dijabarkan menjadi 6 pilar kompetensi lulusan program studi geofisika yang disebut sebagai pilar utama capaian pembelajaran / kompetensi umum, yaitu:

a. Sikap
Taat (menjunjung tinggi) norma, tata-nilai, moral, agama, etika umum dan etika profesi, adaptif , dapat menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya baik di kantor maupun di lapangan, beretoskerja dan melaksanakan usaha terbaiknya dalam setiap kegiatan dalam rangka gerakan global sustainable development (hamemayu hayuning bawono langgeng), serta berperilaku profesional (G1)

b. Pengetahuan
Mampu mengaplikasikan sains dasar (matematika, fisika, kimia, biologi, geologi), dan geofisika secara umum dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lainnya seperti geologi, geodesi, geokimia, geografi, komputasi serta teknologi-informasi (G2)

c. Ketrampilan Umum
Mampu mengaplikasikan semua metode geofisika (metode-metode seismik, gravitasi, magnetik, elektrik, elektromagnetik, termik, radioaktivitas) (G3)

d. Ketrampilan Khusus
Mampu melaksanakan langkah-langkah ilmiah akusisi data, pengolahan data, dan interpretasi untuk eksplorasi sumberdaya alam untuk energi (mis. minyak dan gas bumi, batubara, panas bumi) dan bahan tambang (mis, besi, tembaga, emas, perak, timah) serta air tanah dengan metode geofisika , serta mampu mengelola sebuah survei geofisika (G4) Mampu melakukan interpretasi geofisika yang merupakan penyelesaian problem balik (inverse problem) + probabilitas + terpadu yang berambiguitas, melaksanakan interpretasi dengan pembuatan model dan/atau penyelesaian problem balik sederhana serta trampil dalam pemakaian komputer baik untuk keperluan penyelesaian masalah geofisika maupun untuk komunikasi dan akses internet (G5)

e. Pengembangan Diri/Pembelajaran Sepanjang Hayat
Mampu melakukan pembaruan kompetensinya, yaitu dengan pembelajaran sepanjang hayat (life-long learning) sejalan dengan kondisi geofisika terkini untuk bersaing secara nasional dan internasional dengan menjunjung nilai- nilai ke-UGM-an (Pancasila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, Keadilan, dan Keilmuan: universalitas, obyektivitas, kebebasan, penghargaan terhadap kenyataan dan kebenaran). (G6)

f. Penjelasan keterkaitan CP dengan Taksonomi Bloom

Bersesuaian dengan penjabaran kompetensi awal Progam Studi Geofisika, keenam kompetensi tersebut diuraikan dalam 22 kompetensi rinci, yaitu:

NO. Capaian Pembelajaran / Kompetensi Lulusan Indeks
1. Sikap
Jujur, disiplin, ingin tahu, kritis, percaya diri, mandiri, beremosi matang, kooperatif, dan dapat dipercaya K1
Taat (menjunjung tinggi) norma, tata-nilai, moral, agama, etika umum dan etika profesi, serta aktif berperan dalam gerakan global sustainable development (hamemayu hayuning bawono langgeng). K2
2. Pengetahuan
Mampu mengungkapkan, menjelaskan, mendiskusikan dan menerapkan sains dasar (matematika, fisika, kimia, biologi, geologi) K3
Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan geofisika secara umum dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmulainnya seperti geologi, geodesi, geokimia, geografi, komputasi, teknologi-informasi  

K4

Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan konsep semua metode geofisika (antara lain seismik, gravitasi,magnetik, elektrik, elektromagnetik, termik, radioaktivitas)  

K5

Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan langkah-langkah ilmiah akusisi data, pengolahan data, daninterpretasi K6
Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusikan konsep eksplorasi sumberdaya alam untuk energi (mis. minyak dangas bumi, batubara, panas bumi) dan bahan tambang (mis, besi, tembaga, emas, perak, timah)serta air tanah dengan metode geofisika  

K7

Mampu mengungkapkan, menjelaskan, dan mendiskusika gejala-gejala alamiah seperti gempabumi, tsunami, letusangunungapi K8
3a. Ketrampilan Umum
Mampu menerapkan secara operasional semua metode geofisika (antara lainseismik,gravitasi,magnetik, elektrik,elektromagnetik, termik,radio- aktivitas) K9
Mampumenerapkan secaraoperasionallangkah-langkahilmiahakusisi data, pengolahan data, daninterpretasi K10
Mampu menerapkan secara operasional eksplorasi sumber-sumber alam untuk energi (mis. minyak dangas bumi, batubara, panas bumi) dan bahan tambang (mis, besi, tembaga, emas, perak, timah)serta air tanah dengan metode geofisika  

K11

Mampu menerapkan secara operasional pemantauan,surveilance and early warning system gejalagejalaalamiah seperti gempabumi, tsunami, letusan gunungapi  

K12

 

Mampu menerapkan secara operasional pemantauan,surveilance and early warning system gejalagejalaglobal dan implikasinya,seperti rotasi dan nutasi bumi, gerakan-gerakan kerak/lempeng benua, serta gerakan-gerakan bagian dalam bumi dan sebagainya  

K13

Mampu menerapkan secara operasional pembuatan model interpretasi dan salah satu penyelesaianproblem balik sederhana K14
Mampu menerapkan metode penelitian geofisika secara operasional K15
3b. Ketrampilan Khusus:
Mampu merancang survei semua metode geofisika utama secara komprehensif K16
Mampu mempersiapkan dan melaksanakan akusisi data geofisika dengan cermat danakurat dengan segala macam kesukaran yang harus diatasi baik di laboratorium maupun dilapangannya  

K17

Mampu melaksanakan pengolahan data geofisika yang kerap tidak lengkap dan tidak terdistribusimerata K18
Mampu dan trampil dalam pemakaian komputer baik untuk keperluan penyelesaian masalah geofisikamaupun untuk komunikasi dan akses internet  

K19

Mampu melakukan interpretasi geofisika terpadu menggunakaan beberapa metode pemodelan maju dan balik untuk meminimalisasi ketidakpastian. K20
4. Pengembangan Diri / Pengalaman Kerja
Mampu mengelola sebuah survei geofisika K21
Mampu bersaing secara nasional dan internasional K22
Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai UGM (Pancasila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, Keadilan, dan Ilmu Pengetahuan: universalitas, objektivitas, kebebasan, menghargai realitas dan kebenaran) K23

 

Hubungan kompetensi umum G1 s.d. G6 terhadap tingkatan Bloom’s Taxonomy disajikan pada gambar di bawah ini.